CV.Wijaya Lightning Protection - Jual Penangkal Petir dan As Grounding Tembaga

Pengertian dan Cara Kerja Penangkal Petir

Tanggal :15/02/2021 11.37.00 Penulis : Atmawijaya

Di Indonesia terdapat musim kemarau dan musim penghujan. Di awal tahun, pada bulan Januari dan Februari musim hujan tengah dalam puncaknya. Masyarakat diimbau untuk waspada bila keluar rumah maupun bepergian, karena dikhawatirkan akan adanya bahaya petir. masyarakat lebih baik memiliki penangkal petir, serta memaknai pengertian penangkal petir tersebut untuk keselamatan hidupnya.

Petir membahayakan makhluk hidup yang ada di bawahnya. Apalagi jika ia datang bersama hujan badai yang besar. Selain itu, sambaran petir bisa membahayakan struktur bangunan, rumah, kantor yang Anda tempati. Untuk mencegah bahaya petir tersebut, bangunan menggunakan sebuah alat yang bernama penangkal petir. Apa sebenarnya alat penangkal petir tersebut? Berikut penjelasannya.

Pengertian Penangkal Petir


Penangkal petir adalah sebuah alat instalasi yang terdiri dari kabel penghantar yang dipasang pada bagian teratas sebuah bangunan. Nantinya, jika bangunan tersebut tersambar petir, maka petir akan disalurkan ke kabel penghantar tadi ke bawah tanah (permukaan bumi), tanpa merusak alat-alat listrik yang ada di rumah, juga menghindarkan kerusakan pada struktur bangunan.


Anda bisa memasangnya pada tanah yang lembab di sekitar rumah Anda. Grounding ini akan tersambung dengan kabel konduktor, dan batang penangkal petir yang berada di paling atas sebuah bangunan.

Cara Kerja Penangkal Petir

Berikut adalah Penjelasan mengenai cara kerja Penangkal Petir:
1. Petir menyambar akibat muatan negatif yang ada di permukaan awan. Ujung penangkal petir memiliki ion positif, sehingga akan menarik ion negatif yang ada pada awan.

2.  Terjadilah petir, maka arus listrik telah mengenai batang penangkal petir yang ada di bagian paling atas sebuah bangunan.

3. Dari batang penangkal petir, arus listrik dialirkan ke kabel konduktor, untuk terus dialirkan ke batang penangkal yang tertanam di permukaan tanah (grounding). 

4. Begitulah, sehingga sambaran petir akhirnya tidak merusak bagian apapun pada sebuah bangunan. Namun seperti disinggung di atas, bangunan belum sepenuhnya aman dari sambaran petir. Karena bisa saja petir menyambar bukan ke batang penangkal petir, tapi bagian lain dari sebuah bangunan.

Untuk melihat produk dan kelengkapan penangkal petir silahkan klik link penangkal petir


Beberapa pengertian penangkal petir, bagian serta cara kerjanya sudah dijelaskan pada penjelasan di atas. Setelah mengetahui prinsip dan cara kerjanya, Anda bisa memasang penangkal petir pada bangunan yang Anda tempati. Sebagai tambahan, biasanya dipasang juga alat untuk menstabilkan arus listrik (surge arrestor) yang berfungsi mencegah kerusakan listrik.

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English