Kelengkapan Pemasangan Air Terminal / Head Terminal Penangkal Petir LPI Guardian TM System 5

Tanggal :03/02/2021 16.25.00 Penulis : Atmawijaya

LPI’S Guardian TM System’5 : Penangkal Petir Terbaik dari LPI Ltd

Penangkal petir merupakan perangkat yang dibuat sedemikian rupa dari serangkaian jalur, yang akan difungsikan sebagai jalan mengalirnya alur listrik dari petir menuju permukaan bumi. Dengan adanya penangkal petir, aliran listrik yang dialirkan tidak akan merusak benda yang dilewatinya.

Lightning Protection International (LPI) Pty Ltd adalah produsen penangkal petir untuk bangunan, peralatan listrik, telekomunikasi, dan sistem perlindungan petir terintegrasi lainnya.

Produk-produk dari LPI ini sudah dipercaya oleh berbagai sektor di Indonesia (pabrik, industri, pertambangan, dll). Hal itu terbukti dengan banyaknya pemasangan sistem proteksi petir di hampir seluruh tempat di Indonesia.

Proteksi/Penangkal Petir dari LPI Ltd (Guardian TM System 5)


LPI menawarkan berbagai produk atau layanan yang berkaitan dengan masalah petir pada bangunan, peralatan listrik, dan lain-lain. Semua produk dari LTI sudah mencakup perlindungan lonjakan arus listrik, dan solusi-solusi lainnya.

Adapun produk penangkal petir dari LPI Guardian yang sekarang akan dibahas adalah rangkaian paket yang disediakan oleh LPI Guardian untuk rangkaian sistem penangkal petir dan grounding sistem menggunakan TM System 5. Berikut penjelasannya:

1. Keunggulan menggunakan komponen LPI Guardian TM System 5

LPI Guardian TM System 5 menyediakan sistem yang aman dan efisien untuk bangunan Anda dari sambaran petir secara langsung. Terminal CAT (Controlled Advanced Triggering) LPI ini akan menangkap aliran petir pada saat yang tepat dan secepat mungkin mentransfernya ke permukaan bumi.

Dengan adanya kabel bertegangan tinggi (Hight Voltage Shielded Cable) pada sistem ini, tentu saja akan meminimalisir resiko yang ada. Ketika tegangan listrik dari petir sudah tertransfer ke tanah (grounding system), tegangan listrik tersebut akan hilang sehingga tidak akan membahayakan lagi.

2. Terminal

Terminal seri CAT LPI Guardian TM System 5 terdiri dari:

·       Finial dengan ujung tumpul

·       4 panel listrik yang diisolasi secara elektrik

·       Sambungan bertegangan tinggi

·       Alat pemicu “streamer” petir

Silahkan klik Link dibawah untuk melihat detail gambar dan spesifikasi produk LPI Guardian tipe CAT System 5

Terminal Guardian TM telah dirancang untuk memancarkan "streamer" udara terionisasi pada waktu yang tepat (alat ini memiliki komponen pemicu) sehingga aliran listrik pada petir yang mendekat akan dicegat dan dikendalikan.

Konsep pemicuan terkontrol seperti pada Guardian TM System 5 ini sangat penting, karena jika "streamer" mendeteksi adanya petir pada waktu yang terlalu dini, maka medium perambatan tidak akan cukup kuat untuk mepertahankan “streamer” dan akhirnya terhenti/mati.

3. Adaptor

Terdapat dua adaptor yang bisa digunakan pada pengaplikasian Guardian TM System 5, yaitu adaptor standar dan GI Adaptor. Menggunakan adaptor ini nantinya akan berpengaruh pada sistem instalasi mana yang Anda pilih.

4. CAT (Controlled Advanced Triggering) Tester

System ini juga dilengkapi dengan CAT tester portable yang akan mengidentifikasi operasi terminal secara visual. CAT Tester ini dibekali dengan baterai yang ‘rechargeable’ sehingga tidak ‘sekali pakai’.

5. Inline Coupling

Inline coupling adalah sambungan yang dirancang khusus berfungsi sebagai penjepitan tiang FRP ke tiang bawah aluminium. Inline coupling ini menyediakan 3 titik penahan dan titik keluar bagi HVSC Plus.

6. Guy Kit dan Guy Ring

Guy kit non konduktor dan stainless steel tersedia dengan panjang yang bervariasi. Anda bisa dengan leluasanya menyesuaikan guy kit dengan tiang atau ketinggian terminal yang diinginkan sesuai dengan proyek penangkal petir Anda. 

Guy ring terdiri dari tiga titik poin/lubang yang terbuat dari material aluminium.

7. Lower Mast Assembly (Tiang Penyangga Bagian Bawah)

Tersedia 4 jenis tiang penyangga untuk bagian bawah rangkaian penangkal petir ini. Anda bisa menggunakan tiang penyangga dengan ukuran yang berbeda, dari mulau 3 meter hingga 6 meter. Materialnya terbuat dari aluminium.

8. Cantilevering Saddles, U-Bolt, Mounting Bracket, Cable Sock

Kit atau peralatan yang satu ini sangat penting untuk instalasi penangkal petir. Berguna untuk memasangkan tiang pada bangunan, tiang penyangga pada terminal, dan kebutuhan penting lainnya.

9. Downconductors

Downconductors sistem LPI adalah "Kabel Terlindung Tegangan Tinggi" (HVSC Plus). Merupakan kabel yang berintegritas tinggi, memiliki impedansi rendah. Downconductors ini digunakan untuk mengalirkan arus petir dengan aman ke permukaan bumi dengan risiko seminimal-minimalnya.

Desain HVSC Plus menggabungkan komponen dielektrik dengan fitur-fitur berikut:

·       Menggandakan performa ketahanan voltase versi sebelumnya;

·       Bobot kabel tidak berat

·       Konsistensi manufaktur yang lebih baik melalui proses "ekstrusi tiga kali lipat" yang berkelanjutan;

·       Penurunan tegangan tegangan melalui lapisan layar tipis dan semikonduktif

·       Peningkatan parameter material dan kinerja.

Desain kabel ini didasarkan pada pengoptimalan semua parameter utama yang terkait dengan penanganan pelepasan petir dan tegangan, serta arus transientermasuk impedansi, induktansi, kapasitansi, ketebalan isolasi (tegangan tahan) dan statistik lainnya.

10. Copper Tape dan Aluminium Tape