CV.Wijaya Lightning Protection - Jual Penangkal Petir dan As Grounding Tembaga

6 Tujuan Menggunakan Penangkal Petir ERICO MK4 System 3000

Tanggal :08/03/2021 13.43.00 Penulis : Atmawijaya

Pembuatan produk nVent ERICO telah mengedepankan 6 poin rencana proteksi yang didasarkan pada dampak yang ditimbulkan oleh sambaran petir. Pada masa-masa ini terutama untuk wilayah industri dan perkantoran yang menggunakan banyak teknologi, lonjakan tegangan akibat sambaran listrik sangat berpengaruh terhadap operasional.

Sehingga perlu diadakan perencanaan perlindungan terhadap peralatan-peralatan atau area pada sektor yang memiliki tingkat kerentanan akibat tegangan yang tinggi. Salah satu aspek yang dipertimbangkan dalam perencanaan perlindungan adalah dampak yang ditimbulkan dari sambaran petir. Berikut ini beberapa dampak yang diakibatkan oleh sambaran petir yang berbahaya.

- Anggota / pekerja menjadi rentan terkena bahaya, cedera, hingga kematian

- Peralatan penting memiliki kemungkinan untuk rusak

- Data yang ada bisa menjadi korup akibat adanya lonjakan tegangan

- Biaya operasional untuk maintenance menjadi sangat besar

- Kehilangan pendapatan pada beberapa waktu akibat adanya sambaran petir

Dari dampak tersebut menunjukkan bahwa industri atau sektor seperti militer yang sangat bergantung terhadap adanya teknologi, maka sangat berbahaya jika peralatan seketika rusak dikarenakan lonjakan tegangan. nVent ERICO selama lebih dari 60 tahun terus mengembangkan dan melakukan pengujian berbagai produk penangkal petirnya.

nVent melalui produk penangkal petirnya System MK4 System 3000 Dynaspher memiliki 6 tujuan utama perlindungan yang berupaya untuk melindungi berbagai fasilitas secara total dengan konsep yang terintegrasi. Enam alasan tujuan utama ini memiliki maksud untuk mengurangi tingkat kerusakan secara langsung yang diakibatkan oleh sambaran petir, sistem grounding handal, dan melindungi dari perubahan lonjakan yang mendadak.

Berikut ini enam poin tujuan utama yang difokuskan oleh nVent terhadap pengembangan produk penangkal petir ERICO

a.    Menangkap Sambaran Petir

Tujuan pertama dikembangkannya produk penangkal petir ERICO adalah kemampuan untuk menangkap sambaran petir melalui sistem ionisasi pada Head Terminal yang dimiliki. Semakin tingginya kemampuan dalam menangkap petir, maka besar kemungkinan sambaran petir tidak akan berdampak dan mengenai wilayah di sekitar area perlindungan.

b.    Mengirimkan Energi Listrik ke Tanah

Agar proses perpindahan energi listrik yang cukup besar dari Head Terminal ke tanah, maka dibutuhkan sistem transmisi yang sangat baik dan tahan terhadap tegangan tinggi. Ini adalah satu tujuan pengembangan produk nVent agar dapat menopang kerja dari produk sehingga energi listrik tidak terakumulasi di dalam Head Terminal.

c.    Membuang dan Menetralkan Energi Listrik ke Sistem Grounding

Sistem grounding yang digunakan adalah sistem grounding yang memiliki nilai impedansi yang rendah. Dengan impedansi yang rendah, maka listrik dapat segera hilang dan tidak tersimpan di dalam tanah. Jika energi listrik tersimpan di dalam tanah dapat membahayakan peralatan yang berada di sekitar wilayah tersebut.

d.    Mengikat Semua Titik Dasar

Salah satu hal yang dihindari dari proses transfer energi listrik dari Head Terminal menuju sistem grounding adalah ground loop. Ground loop adalah fenomena yang dapat menimbulkan gangguan pada peralatan listrik sehingga tidak dapat bekerja dengan baik. Ground loop terjadi akibat tegangan tinggi yang dikirimkan ke bumi masih tersisa.

Sehingga untuk menghilangkan semua energi listrik yang tersisa di bumi, para peneliti nVent mengembangkan produk nVent ERICO dengan meningkatkan titik-titik dasar atau arde dari penangkal petir yang dimiliki dengan cara menyambungkan setiap titik dasar yang dimiliki oleh penangkal petir ini.

e.    Melindungi Pemasok Daya AC

Tujuan utama lainnya adanya pengembangan teknologi penangkal petir oleh nVent adalah adanya perlindungan terhadap peralatan pemasok daya AC. Dengan adanya sambaran petir dapat menyebabkan lonjakan energi secara tiba-tiba sehingga mesin tidak mampu mengatasi lonjakan energi yang besar dan menjadi rusak.

Jika peralatan pemasok daya AC rusak, maka kerugian operasional dan perawatan menjadi sangat besar. Maka dari itu, para peneliti nVent ERICO mengembangkan teknologi penangkal sinyal agar mengurangi risiko dan kemungkinan terjadinya lonjakan energi pada peralatan akibat sambaran petir.

f.      Melindungi Data Telekomunikasi

Salah satu komponen penting dalam dunia militer atau industri lainnya adalah data telekomunikasi. Telekomunikasi adalah sektor yang akan sangat berpengaruh dikarenakan sebagian besar telekomunikasi bergerak dan bekerja menggunakan gelombang radio baik dalam menerima dan mengirim data.

Dengan adanya lonjakan tegangan yang besar, maka gelombang radio yang mengandung informasi akan tertutup dengan adanya gangguan akibat tegangan yang ada. Sehingga peralatan telekomunikasi tidak dapat menerjemahkan informasi yang ada dan ini berdampak sangat besar dalam operasional.

Sehingga peneliti nVent berupaya untuk mengurangi risiko lonjakan energi listrik akibat sambaran petir agar data telekomunikasi tidak hilang karena tertutupi oleh gangguan sinyal dari sambaran petir.

Keterlibatan nVent dalam Penelitian Penangkal Petir

Setelah mengetahui alasan kenapa sistem penangkap petir ERICO sangat dibutuhkan, Anda harus memahami bagaimana keterlibatan nVent dalam menciptakan penangkal petir yang terbaik dalam kelasnya.

Penelitian terhadap penangkal petir telah dilakukan bertahun-tahun untuk mendapatkan desain sekaligus konsep penangkap petir yang dapat menanggulangi masalah energi pada petir, ketahanan penggunaan, dan juga efektifitas penggunaan. Dalam proses penelitian tersebut telah mencakup penelitian untuk pengujian penangkal petir ERIC dapat maksimal pada luas area yang besar.

Hasil dari penelitian ini telah dipublikasikan dalam berbagai makalah teknis dan jurnal. nVent sangat berkomitmen untuk menciptakan penangkal petir terbaik dan menjadi acuan dalam pembuatan penangkal petir. ERICO sistem 3000 telah dikembangkan untuk menutupi sistem sebelumnya yang masih memiliki banyak kekurangan.

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Logo IDT
Chatbot